TIM KAMPANYE DAN KPU KSB SEPAKATI PELAKSANAAN KAMPANYE

Foto untuk : TIM KAMPANYE DAN KPU KSB SEPAKATI PELAKSANAAN KAMPANYE
Taliwang (10/9/2015). Dietmui di ruang rapat Kantor KPU Kabupaten Sumbawa Barat dalam kunjungan KPU Provinsi NTB, 10 September 2015. Ketua KPU Kabupaten Sumbawa Barat Khairuddin,SE didampingi komisioner KPU Kabupaten Sumbawa Barat Fahroni,SH, Supriadi,S.Pd, dan Abdurrasyid menerangkan bahwa KPU Kabupaten Sumbawa Barat bersama Tim Kampanye pasangan calon Bupati dan Wakil Bupti telah menandatangani kesepakatn tentang pelaksanaan kampanye dan pembatasan dana kampanye pada tanggal 18 Agustus 2015. Dalam nota kesepakatan bersama yang bernomor 331.A/KPU-Kab-017.433883/2015, Khaeruddin menjelaskan ada tujuh item yang berhasil disepakati. Ketujuh item itu adalah metode penyebaran bahan kampanye, metode pemasangan alat peraga kampanye, metode iklan kampanye di media massa, metode rapat umum , metode pertemuan terbatas, metode pertemuan tatap muka dan dialog, serta pembatasan dana kampanye. Sesui dengan kesepakatan, bahan kampanye yang akan di cetak oleh KPU Kabupaten Sumbawa Barat berupa selebaran, brosur, pamlet, dan poster. Masing-masing jenis bahan kampanye tersebut ukurannya dibatasi sebagai berikut; selebaran 8,25 cm x 21 cm, brosur 21 cm x 29,7 cm, pamphlet 21 cm x 29,7 cm, dan poster 40 cm x 60 cm. Jumlah bahan kampanye yang dicetak untuk setiap jenis adalah 25.000 lembar untuk setiap paslon dengan asumsi empat paslon, ungkap Khaeruddin. Komisioner KPU yang lain Deny Saputra menambahkan bahwa dalam mencetak bahan kampanye KPU Kabupaten Sumbawa Barat berpegang pada desain dan materi bahan kampanye yang dibuat dan diserahkan oleh paslon atau tim kampanye. Jadi apa yang didesain oleh mereka itulah yang akan kita cetak, kata Deny. Selanjutnya Deny juga menambahkan kalau biaya pembuatan desain bahan kampanye menjadi tanggung jawab paslon, sedangkan biaya pencetakan dan pemasangannya menjadi tanggung jawab KPU Kabupaten Sumbawa Barat. Divisi Hukum Fahroni,SH menambahkan alat peraga kampanye (ATK) yang akan dicetak oleh KPU Kabupaten Sumbawa yaitu baliho, umbul-umbul, dan spanduk. Adapun ukurannya adalah baliho 4 x 7 m, umbul-umbul 5 m x 1,15 m, sedangkan spanduk 1,5 m x 7 m. adapun jumlahnya; baliho 5 lembar untuk setiap paslon, umbul-umbul 20 lembar untuk setiap paslon, dan spanduk 2 lembar untuk setiap paslon. Untuk pemasangan alat peraga kampanye sesuai kesepakatan tersebut paling lambat tanggal 18 September, uangkap Fahroni. Dalam kesepakatan tersebut juga terlihat beberapa media massa yang dijadikan mitra sebagai tempat pemasangan iklan kampanye. Untuk media massa cetak terdiri dari Sumbawa Barat Post, Kobar, Gaung, Sumbawa Express, Radar Sumbawa, Kerah Putih, Tribun, Post Kota, dan Suara NTB. Sedangkan media massa elektronik adalah Radio Radar Atsar, ditambah media online yaitu sumbawanews.com, kabar NTB.com, antara.com, dan samawarea.com. Kesepakatan Tim Kampanye dan KPU Sumbawa Barat juga mengatur jumlah, ukuran, dan durasi penayangan iklan kampanye di media massa. Untuk Radio jumlahnya 10 spot dengan durasi 60 detik, iklan di media massa cetak setiap paslon berukuran 9,5 cm x 14,5 cm. sedangkan di media online setiap paslon berkuruan 9,5 cm x 14,5 cm. demikian dijelaskan Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Sumbawa Barat Supriadi, S.Pd. Untuk kampanye rapat umum, mereka menyepakati masing-masing paslon berkampanye satu kali. Tanggal 26 November diisi oleh paslon nomor urut 1, 28 November di isi oleh paslon nomor urut 2, tanggal 30 November paslon nomor urut 3, dan tanggal 2 Desember nomor urut 4. Ini dengan asumsi ada empat pasangan calon, jelas Fahroni. Adapun waktu pelaksanaan kampanye rapat umum mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 18.00 WITA. Kampanye dengan metode pertemuan terbatas paling banyak 16 kali untuk setiap paslon, yang dilaksanakan dari pukul 09.00 sampai dengan 18.00 WITA. Jumlah peserta juga dibatasi paling banyak 1.000 orang. Sedangkan kampanye pertemuan tatap muka paling banyak 64 kali , dengan waktu pelaksanaan sama dengan pertemuan terbatas. Demikian dijelaskan Ketua KPU Kabupaten Sumbawa Barat Khaeruddin, SE. Menanggapi kesepakatan Tim Kampanye dengan KPU Kabupaten Sumbawa Barat, Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Provinsi NTB Agus, M.Si menyatakan apa yang telah disepakati ini tentu mengacu pada Peraturan KPU Nomor 7 tahun 2015 yang mengatur tentang fasilitasi kampanye. Maka kami berharap kesepakatan ini menjadi pedoman yang akan menunjukkan peta jalan seluruh proses pelaksanaan kampanye yang nanti akan berakhir tanggal 5 Desember 2015. Peta jalan ini harus dipatuhi oleh kedua belah pihak (KPU maupun Tim Kampanye), sehingga kampanye yang tertib, aman dan memberikan edukasi politik sebagai harapan kita semua dapat terwujud, demikian penjelasan Agus. Batasan Jumlah Dana Kampanye Masing-Masing Paslon di Pilkada KSB 2015 No Metode Jml.Maksimal Peserta Volume Harga Satuan Totak Maksimal 1 Rapat umum 20.000 orang 1 Rp.50.000 Rp.1.000.000.000 2 Pertermuan Terbatas 1.000 16 Rp.50.000 Rp. 800.000.000 3 Perteman Tatap Muka 500 64 Rp.50.000 Rp.1.600.000.000 4 Pengadaan Bahan Kampanye 9/100 91.000 Rp.25.000 Rp.204.750.000 Total Rp.3.604.750.000 Sumber: KPU Kab.Sumbawa Besar

  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
 

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%