AJAK MASYARAKAT BERPARTISIPASI DALAM PEMILU: KPU NTB GELAR JALAN SEHAT

Pemungutan suara pemilu anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota 9 April 2014 tinggal 30 hari lagi. KPU Nusa Tenggara Barat (NTB) semakin gencar melakukan sosialisasi. Satu strategi yang bersifat massal dilakukan untuk mendorong masyarakat NTB menggunakan hak pilihnya adalah melalui jalan sehat. Tema yang diusung KPU NTB pada kegiatan ini adalah “jalan sehat menuju pemilu jujur dan adil”.  Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM KPU NTB Agus,M.Si menyebutkan tema ini sangat urgent seiring dengan keinginan publik NTB untuk menghadirkan pemilu 2014 sebagai pemilu yang berkualitas dan berintegritas. 

Pemilu yang diproses secara jujur dan adil merupakan indikator penting untuk mengukur pemilu berkualitas dan berintegritas itu, tentu disamping indikator-indikator lainnya seperti transparansi, tertib administrasi penyelenggaraan, efisien, efektif, dan akuntabilitas. Melalui tema ini, KPU NTB ingin mengajak kepada masyarakat NTB untuk dua hal; pertama, datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 9 April 2014 jam 07.00 sampai 13.00, kedua agar dalam menggunakan hak pilihnya masyarakat melakukannya dengan jujur dan bertanggung jawab, demikian halnya dengan peserta pemilu, penyelenggara pemilu, pengawas pemilu dan semua pihak terkait untuk mengikuti proses pemilu secara jujur dan adil.

Dampak dari proses yang demikian tentu akan melahirkan pemimpin-pemimpin politik terpilih yang berkualitas dan berintegritas sehingga kualitas kebijakan publik yang dikeluarkan para wakil rakyat menjadi berkualitas pula. Kemampuan para wakil rakyat yang demikian pada akhirnya akan mempercepat terwujudnya kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat. Demikian harapan Agus,M.Si

Jalan sehat diikuti oleh 4.500 orang masayarakat dari semua segmen baik Pemilih, Peserta Pemilu, Penyelenggara, Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, dan awak media. Kegiatan dimulai pukul 07.00 dengan start di lapangan Sangkareang Mataram dan finish-nya di depan Pendopo Gubernur. Acara jalan sehat ini dibuka oleh Gubernur NTB Dr.TGH.Zainul Majdi,MA. Dalam sambutannya Gubernur NTB mengajak masyarakat NTB untuk menciptakan suasana kondusif serta ikut mensukseskan jalannya pesta demokrasi di NTB, ujarnya.  Gubernur juga menghimbau kepada masyarakat NTB untuk benar-benar berperan aktif dalam mensukseskan pemilu 2014. Menyampaikan hak suaranya dalam pemilihan mendatang dinilai sebagai salah satu bentuk peran serta masyarakat dalam politik, kata Gubernur.

Sementara itu Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori,SP dalam sambutannya menyampaikan jalan sehat ini merupakan kegiatan yang secara khusus dimaksudkan utnuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada 9 April 2014. Jalan sehat ini dilakukan oleh KPU di seluruh Indonesia dan seluruh kabupaten/kota di NTB pada hari dan jam yang sama. Khusus untuk Kota Mataram acara ini dilaksanakan secara bersama-sama dengan KPU Provinsi NTB. Dengan demikian diharapkan gema pemilu 2014 menjadi tinggi dan masyarakat semakin tahu tentang informasi pemilu, ujar Lalu Aksar Ansori.

Untuk memeriahkan acara, KPU NTB  dan KPU Kota Mataram menyediakan door prize dengan hadiah utama sepeda, kulkas, handphone, dan ratusan hadiah lainnya. Peserta jalan sehat juga dihibur oleh band ibu kota NTB dan goyang ala YKS yang dipandu oleh pembawa acara. Antusias masyarakat nampak dari semangat mereka untuk ikut bernyanyi dan bergoyang sampai pukul 11.30.   


  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
 

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%