BALE PEMILU DIGITAL DILUNCURKAN

Foto untuk : BALE PEMILU DIGITAL DILUNCURKAN

Mataram - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) "Bale Pemilu Digital" KPU Provinsi NTB,, Sabtu (15/2).

Ketua KPU RI, Arief Budiman, mengatakan RPP sudah digagas oleh KPU sejak tiga tahun lalu, baik di KPU provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Hanya saja, pada pengembangannya RPP kali ini dirancang dari yang semula manual kini berubah ke digital.

"Kenapa digital, ini sekaligus menjawab tantangan zaman yang kian maju dengan teknologi," ujarnya.

Ia menjelaskan, ada 10 provinsi di Indonesia yang menjadi pilot project RPP berbasis teknologi digital, salah satu provinsi itu, yakni NTB.

Menurut Arief, keberadaan RPP diharapkan dapat memberikan pendidikan dan sosialisasi politik khususnya tentang kepemiluan kepada masyarakat, termasuk juga partai politik.

"Mudah-mudahan dengan diluncurkan RPP digital ini dapat memberikan keberkahan bagi kita semua," katanya.

Ketua KPUD NTB, Suhardi Soud, mengatakan KPU NTB dipilih oleh KPU RI sebagai salah satu KPU Provinsi yang mempelopori kehadiran RPP Digital. Di mana kehadiran RPP Digital tersebut, diharapkan masyarakat bisa lebih mudah mengakses beragam informasi sekaligus sebagai sarana edukasi pendidikan politik khususnya kepemiluan.

"RPP akan memberikan kemudahan bahwa pemilu tidak jauh tapi dekat dan mudah di akses," tegas Suhardi Soud.

Menurut Suhardi, sebagai lembaga penyelenggara pemilu, KPU NTB telah membuktikan menjadi salah satu penyelenggara pemilu terbaik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan pemberian empat penghargaan yang diberikan oleh KPU RI kepada KPUD NTB atas prestasi pemilu 2019.

"Dari hasil evaluasi KPU RI, kami mendapatkan empat penghargaan, salah satunya transparansi dan imtegritas pemilu. Atas itu, tentunya kami berterima kasih dan apresiasi kepada KPU RI," katanya.

Sementara itu, Asisten II Setda NTB, H. Ridwansyah mengaku bersyukur karena KPU NTB menjadi pilot project dari RPP Digital. Hal ini tentunya menambah keyakinan bahwa KPU di daerah terus bekerja.

"Suksesnya kinerja KPU adalah partisipasi masyarakat meningkat dan yang lebih pentingnya lagi peningkatan pemahaman masyarakat, tentunya dengan adanya RPP Digital ini diharapkan lebih maksimal," kata Ridwansyah.


 
  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • -
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • -
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
Bagaimana pendapat Anda terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%