DEKLARASI KAMPANYE DAMAI PEMILU 2019

Foto untuk : DEKLARASI KAMPANYE DAMAI PEMILU 2019

KPU Provinsi NTB menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 dengan Tema "Indonesia menolak Hoax, Politisasi Sara dan Politik Uang, minggu (23/9).

Kegiatan yang juga diselenggarakan secara secara nasional ini dipusatkan di arena kegiatab Car Free Day (CFD) di Area Tugu Bumi Gora jalan Udayana Mataram.

Deklarasi Kampanye Damai ini menjadi momentum pembuka tahapan kampanye Pemilu tahun 2019 yang juga merupakan tahapan kampanye terlama disepanjang sejarah penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh ketua KPU Provinsi NTB Lalu Aksar Ansori dalam Orasi Demokrasi pada pembukaan acara.
Lalu Aksar juga mengungkapkan, menilik pada kesuksesan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2018 yang lalu, dengan tanpa adanya gugatan di MK, hal tersebut menjadi modal utama optimisme KPU Provinsi NTB juga akan mampu menyelenggarakan Pemilu Tahun 2019 secara kondusif dengan menepis hoax, politisasi sara dan praktek politik uang.

Kegiatan Deklarasi Kampanye Damai dihadiri juga oleh Gubernur NTB terpilih Zulkieflimansyah dan anggota Forkompinda Provinsi NTB, Calon Anggota DPD Dapil Provinsi NTB, Partai Politik, Bawaslu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Komunitas Pemuda Peduli Demokrasi (KPPD), Perwakilan BEM Universitas terkemuka di NTB dan perwakilan Sekolah SMA Sederajat binaan KPU Provinsi NTB.

Pesan khusus yang disampaikan oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah atau akrab disapa "Bang Zul" adalah agar selama masa kampanye ini dimanfaatkan oleh para peserta pemilu untuk memupuk rasa empati dan persaudaraan terhadap saudara-saudara kita terutama yang tertimpa langsung musibah gempa.

"Hal yang paling mereka atau saudara-saudara kita para korban gempa butuhkan pada masa recovery ini adalah senyum ramah dan empati dari setiap org yang datang menjenguk untuk memupuk semangat mereka bangkit kembali.

Untuk penyelenggaraan Pemilu 2019, Bang Zul mengajak seluruh masyarakat untuk melaksanakan pesta demokrasi ini dengan santai, menyenangkan dan biasa saja, seperti halnya pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2018 lalu yang berlangsung sukses dan lancar.

Bahkan, ia mengaku belum pernah menyaksikan pesta demokrasi yang aman, damai dan sukses seperti yang diadakan di NTB.

Selepas pidato pembukaan acara Deklarasi Kampanye Damai, acara dilanjutkan dengan pembacaan "Ikrar Kampanye Damai" oleh semua elemen masyarakat dari Penyelenggara Pemilu, Pengawas Pemilu, Forkompinda, dan seluruh Peserta Pemilu yg dipimpin oleh putra-putri terbaik NTB Purna Paskibraka Nasional. Komitmen bersama dalam menciptakan Kampanye Damai menolak berita hoax, politisasi sara dan politik uang disimbolkan dengan penempelan telapak tangan (tanda menolak) pada kain kanvas yang telah dicelupkan kedalam cat aneka warna yang menunjukkan meskipun "berbeda warna" tetapi tetap satu sikap bersama menjaga kondusifitas masyarakat.

Puncak kegiatan ini dilaksanakan dengan karnaval berjalan kaki oleh semua peserta mengitari area CFD sepanjang jalan Udayana untuk memperkenalkan Peserta Pemilu 2019 kepada masyarakat luas dengan diawali pelepasan 17 ekor burung merpati sebagai simbol akan diselenggarakannya Pemilu Serentak pada 17 April 2019 mendatang dengan Damai.


 
  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • -
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • -
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
Bagaimana pendapat Anda terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%