EVALUASI PEMILU 2019, REKOMENDASIKAN 2 PEMIKIRAN OUT OF THE BOX

Foto untuk : EVALUASI PEMILU 2019, REKOMENDASIKAN 2 PEMIKIRAN OUT OF THE BOX

Rapat Evalusi Tahapan Pemilu 2019 yang diselenggarakan selama 3 hari mulai 9 September lalu oleh KPU Provinsi NTB menjadi ajang diskusi hangat bagi anggota dan sekretaris KPU kabkota se NTB dan instansi terkait yang menjadi peserta Rapat Evaluasi.

Forum evaluasi yang dibagi dalam 3 kelompok mendiskusikan berbagai hal terkait Teknis penyelenggaraan Pemilu, data pemilih, sosialisasi dan pendidikan pemilih, rekrutmen badan penyelenggara Ad-hoc, pengelolaan logistik dan pembiayaan tahapan pemilu 2019.

Dari berbagai saran dan rekomendasi yang dihasilkan dalam forum itu, terdapat 2 rekomendasi penting yang dianggap sebagai rekomendasi yang lahir dari proses berpikir out of the box.
Kedua Rekomendasi tersebut yaitu penggunaan Spot Jamming dalam proses pemutakhiran data pemilih dan usulan keterlibatan ex-officio KPU dalam Sentra Gakkumdu.

Penggunaan Spot Jamming dalam proses Pemutakhiran Data Pemilih dirasa penting, dimana Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dibekali alat dengan model pendataan menggunakan GPS untuk mengetahui posisi pemilih dan menandai lokasi pemilih yang telah didata tersebut.

Selama ini, PPDP dalam melaksanakan tugas pemutakhiran data pemilih masih menggunakan pola lama yang serba manual. Kedepan pemutakhiran data pemilih dapat lebih efektif lagi dengan penerapan teknologi informasi. Karenanya dengan Spot Jamming ini petugas akan dapat mengetahui dan mengarahkan pemilih ke TPS terdekat sesuai koordinat pemilih tersebut.

Sementara terkait dengan Sentra Gakkumdu yang bertugas menyidangkan laporan pelanggaran dalam tahapan Pemilu, forum rapat evaluasi memandang bahwa keanggotaan Sentra Gakkumdu kurang representatif karena tidak adanya representasi KPU didalamnya.

Selama ini anggota Sentra Gakkumdu terdiri dari unsur Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan. Hal ini berbeda dengan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang selain melibatkan Bawaslu, juga melibatkan ex-officio KPU didalamnya. Karena itu, forum Rapat evaluasi merekomendasikan adanya ex-officio Keterlibatan KPU dalam Sentra Gakumdu.

Dalam Rapat Evaluasi itu Ketua KPU Provinsi NTB Suhardi Soud memberikan apresiasi atas keseriusan seluruh peserta yang telah secara serius menuangkan gagasannya dan telah berhasil mengurai berbagai persoalan tahapan dan dicarikan rekomendasinya.

Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU Provinsi NTB H. Syamsuddin juga secara khusus menyoroti kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih baik dari segi SDM yang menyangkut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih maupun kualitas daftar pemilih.

ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Agus Hilman tidak hanya fokus pada kegiatan tahapan yng bersifat teknis saja, akan tetapi juga mengupas kegiatan yang bersifat non teknis dengan penerapan manajerial SDM secara menyeluruh.

Sementara Sekretaris KPU Provinsi NTB Mars Ansori Wijaya menyoroti masih adanya urusan yang terkait keuangan dan Logistik yang belum tuntas.

Saat ini Gudang Logistik sudah hampir selesai masa sewanya, sementara kotak dan Bilik Suara serta dokumen hasil pemungutan suara yang ada didalamnya belum dilakukan proses lelang untuk penghapusan, mengingat proses tersebut baru dapat dilakukan paling cepat 1 bulan setelah pelantikan Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Belum lagi persoalan pembayaran honor Badan Ad-Hoc yang belum semuanya tuntas. Ini semua membutuhkan perhatian dan solusi agar kedepan tidak terjadi lagi, kata Mars Ansori.

 
  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • -
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • -
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
Bagaimana pendapat Anda terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%