HASIL REKAPITULASI TINGKAT PROVINSI: DPT PEMILU 2014 PROVINSI NTB KEMBALI BERUBAH

Untuk ketiga kalinya, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi NTB mengalami perubahan. Perubahan jumlah DPT ini disampaikan dalam Rapat Penyampaian Rekapitulasi Perbaikan Daftar Pemilih NIK Invalid dan Perbaikan DPT Pemilu Anggoata DPR, DPD dan DPRD Tahun 2014 Tingkat Provinsi Nusa Tengara Barat.  Acara yang diselenggarakan pada tanggal 2 Desember 2013 di Aula KPU Provinsi NTB ini dihadiri oleh KPU Kabupaten/Kota, peserta pemilu 2014 yang terdiri dari parpol dan calon anggota DPD RI Dapil Provinsi NTB, Bawaslu Provinsi NTB, Pejabat Pemprov NTB serta media lokal. Rapat yang seharusnya berbentuk Rapat Pleno Terbuka ini tidak dapat dilaksanakan disebabkan oleh kondisi KPU yang tengah mengalami demisioner terkait habisnya masa jabatan 5 tahun komisioner KPU Provinsi NTB.

            Dalam rapat yang dibuka oleh Sekretaris KPU Provinsi disampaikan jumlah DPT Provinsi NTB hasil perbaikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) invalid adalah sebanyak 3.473.565 jiwa yang terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 1.682.395 jiwa dan pemilih perempuan sebanyak 1.791.170 jiwa. Adapun penetapan DPT ini dilaksanakan terkait permintaan Bawaslu agar KPU dalam jangka waktu 30 hari setelah penetapan DPT secara nasional tanggal 4 November 2013 melengkapi data pemilih yang masih tidak lengkap. DPT Provinsi NTB ini selanjutnya ditetapkan oleh KPU RI dengan Berita  Acara Nomor:  245/BA/XII/2013 tentang Penetapan Rekapitulasi Perubahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD Tahun 2014

            Perubahan DPT ini tidak terlepas dari rangkaian penetapan DPT sebelumnya. Penetapan DPT Provinsi NTB yang pertama dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2013 dengan jumlah DPT se Provinsi NTB sebanyak 3.487.382 jiwa yang terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 1.689.427 jiwa dan pemilih perempuan sebanyak 1.797.955 jiwa. Jumlah DPT ini bersama dengan DPT provinsi lainnya kemudian ditetapkan secara nasional oleh KPU RI sesuai tahapan dan jadual pada 23 Oktober 2013.

            Meski di tahapan dan jadual KPU menetapkan DPT nasional hanya satu kali, namun pelaksanaan dari rekomendasi Bawaslu Nomor 762/Bawaslu/X/2013 yang meminta agar KPU melakukan pencermatan ulang terhadap DPT hasil Rapat Pleno Terbuka tanggal 23 Oktober 2013 mengharuskan KPU melakukan perbaikan DPT untuk kedua kalinya. Rapat Pleno Terbuka penetapan DPT se Provinsi NTB yang kedua kali dilaksanakan tanggal 2 November 2013 dengan DPT se Provinsi NTB sebanyak 3.484.839 orang yang terdiri dari jumlah pemilih laki-laki sebanyak 1.688.202 jiwa dan jumlah pemilih perempuan sebanyak 1.796.637 jiwa.

            Dalam rapat ini juga disampaikan data mengenai rekapitulasi progres perbaikan daftar pemilih NIK invalid oleh KPU Kabupaten/Kota dengan jumlah NIK yang sudah diperbaiki sebanyak 231.143 jiwa dari keseluruhan jumlah NIK invalid sebanyak 472.187 jiwa atau 48,96% dari Total NIK Invalid.

           Adapun perubahan data DPT untuk ketiga kalinya ini disertai penyempurnaan dari segi perbaikan NIK merupakan salah satu wujud kerja keras KPU agar diperoleh data seakurat mungkin berkaitan dengan daftar pemilih sehingga seluruh masyarakat khususnya di wilayah NTB yang telah memenuhi syarat untuk memilih tidak kehilangan hak pilihnya. Upaya tersebut masih terus dilakukan mengingat penyempurnaan daftar pemilih diperpanjang hingga H-14. Akses bagi masyarakat untuk memantau jumlah DPT Provinsi NTB pun terbuka dengan adanya portal Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih).


 
  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • -
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • -
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
Bagaimana pendapat Anda terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%