KALI KEDUA, PEMILIHAN OSIS SMAN 1 MATARAM MENDAPAT PENDAMPINGAN KPU PROVINSI NTB

Foto untuk : KALI KEDUA, PEMILIHAN OSIS SMAN 1 MATARAM MENDAPAT PENDAMPINGAN KPU PROVINSI NTB
Mataram, NTB - Untuk kedua kalinya pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMAN 1 Mataram mendapat pendampingan dari KPU Provinsi NTB. Rangkaian pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS masa bhakti 2016-2017 dimulai dengan debat terbuka dan penyampaian visi misi (8/10), dan hari pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara (12/10).

Dalam pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 1 Mataram periode 2016-2017, Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 1 Mataram ini terdiri dari 3 pasang calon. Pasangan calon nomor urut satu yakni Lalu Muhammad Andika Bisyri dan Muhammad Zus'an Arientaka; Pasangan calon nomor urut dua yakni Laonewan Rezki Al Haq dan Faisal Tri Hartono; Pasangan calon nomor urut tiga yakni Denisward Euricho Rathany dan Fauzan Akbar Maulana.

Ketua Divisi Umum, Keuangan dan Logistik KPU Provinsi NTB Hesty Rahayu, ST., MM., yang hadir memantau mengatakan, pada bulan September tahun 2015 yang lalu SMAN 1 Mataram merupakan sekolah pertama di Mataram yang melaksanakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS dengan pendampingan KPU Provinsi NTB, karena pada saat itu SMAN 1 Mataram merupakan Pilot Project Pendidikan Pemilih Pemula. Namun pada tahun 2016 ini sedikit berbeda, dimana KPU Provinsi NTB hanya melakukan pendampingan pemilih saja, karena kami menganggap SMAN 1 Mataram telah mampu secara mandiri melaksanakan pemilihan ketua OSIS kembali, ungkap hesty.

Ia juga melihat dari proses tahapan yang telah disusun dan yang sedang berjalan, ada kemajuan yang signifikan dari proses pemilihan tahun sebelumnya. Siswa siswi SMAN 1 Mataram kali ini telah mampu menyusun tahapan pemilu selayaknya Pemilu/Pilkada, dari tahapan pencalonan hingga rekapitulasi suara serta penetapan calon terpilih.

Karena itu SMAN 1 Mataram harus menjadi contoh bagi sekolah lain dalam praktek pembelajaran di sekolah sebagai wujud berdemokrasi secara langsung" tutup Hesty.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Mataram Drs. H. L. Fatwir Uzali, S.Pd.,M.Pd. berharap pada proses Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS kali ini agar seluruh siswa-siswi SMAN 1 Mataram dapat berpartisipasi dalam pemilihan. Melalui pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS kita belajar melaksanakan proses pemilihan secara demokratis, transparan, dan jujur sesuai dengan azas Pemilu yakni Luber dan Jurdil.

Ia juga berharap agar pelaksanaan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS dijadikan tugas sekolah. Esoknya bagi guru yang mengajarkan mata pelajaran PPKn untuk memeriksa tugas tersebut.

Ditempat yang sama, ketua panitia pemilihan Athallah N.P mengatakan pelaksanaan pemilihan ketua OSIS ini merupakan pengalaman pertama dalam hidupnya dalam berdemokrasi secara langsung. Sekarang Ia lebih mengetahui tugas dan fungsi seorang penyelenggara Pemilu. "Saya kira menjadi penyelenggara pemilu itu cuma pada hari pencoblosan saja. Ternyata penyelenggara pemilu itu harus mempersiapkan tahapan pemilu yang begitu panjang jauh-jauh hari" ungkapnya.

Berbeda dengan dengan Nadhira Buhari, menurutnya "proses pemilihan kali kedua ini lebih berkesan karena calonnya tiga pasang. Dengan demikian banyak pilihan serta lebih seru dan ramai, ujar Nadhira.

Pada rekapitulasi hasil di empat TPS Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMAN 1 Mataram menempatkan pasangan nomor urut dua yakni Laonewan Rezki Al Haq dan Faisal Tri Hartono sebagai pemenang dengan 739 suara sah. Disusul pasangan nomor urut tiga yakni Denisward Euricho Rathany dan Fauzan Akbar Maulana dengan 280 suara sah, dan yang terakhir pasangan nomor urut satu yakni Lalu Muhammad Andika Bisyri dan Muhammad Zus'an Arientaka dengan 58 suara sah. Pada pemilihan OSIS kali ini pengguna hak pilih sebanyak 1077 siswa dengan suara tidak sah sebanyak 41 suara.

 

  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
 

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%