KEGIATAN HARI PERTAMA KPU PROVINSI NTB

Foto untuk : KEGIATAN HARI PERTAMA KPU PROVINSI NTB

Pemilu berkualitas dan berintegritas membutuhkan penyelenggara yang kompeten dan berintegritas. Kompetensi tidak hanya diukur dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap personal, tetapi kemampuan kerja dalam tiem menjadi indikator sangat penting. Sedangkan integritas dapat diukur dari komitmen untuk bekerja dengan kode etik dan moral. Kriteria komisioner KPU yang demikian menjadi dambaan publik khusunya publik NTB menjelang pelaksanaan pemungutan suara 9 April mendatang. 

Untuk memenuhi tuntutan publik yang demikian, seleksi 5 (lima) besar anggota KPU Provinsi NTB berproses dalam waktu cukup panjang. Pada akhirnya tanggal 22 Januari 2014 KPU RI menghadiahi kado istimewa untuk NTB dengan melantik lima orang anggota KPU Provinsi NTB terpilih untuk masa tugas 2014-2019.  Pelantikan dilaksanakan di Kantor KPU RI yang terletak di Jl.Imam Bonjol Jakarta Pusat.

Sejak pelantikan, anggota KPU Provinsi NTB memulai kerjanya pada hari jumat tanggal 24 Januari 2014. Dua kegiatan pokok yang dilakukan dari jam 09.00 sampai jam 16.00 adalah; pertama, silaturahmi dengan seluruh jajaran pejabat struktural dan karyawan/karyawati yang jumlahnya 50 orang. Acara silaturrahim dilaksanakan di ruang sidang KPU Provinsi NTB. Dalam acara tersebut Sekretaris KPU NTB Hj.Desak Putu Yuliastini,SH,MH memperkenalkan tiga bagian dalam struktur organisasi sekretariat, yakni; bagian program dan SDM, bagian teknis, hupmas dan hukum, serta bagian umum, logistik dan keuangan. Selanjutnya masing-masing bagian memperkenalkan personalianya. Komisioner KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat L.Aksar Ansori, SP, Agus,M.Si, Suhardi Soud,SE, Iyan Marli,S.Pd,M.MPd, dan Hesti Rahayu, ST,MM secara bergantian juga memperkenalkan diri. Di samping itu masing-masing komisioner juga menyampaiakn pokok-pokok pikiran sekaligus harapan mereka. Kedua aktor penting dalam kelembagaan KPU Provinsi NTB, yakni Komisioner dan Sekretariat memiliki pikiran dan komitmen yang sama yakni bekerja dalam satu tiem yang kuat, saling mendukung, saling percaya serta bekerja keras untuk mencapai visi dan misi KPU.

Kegiatan kedua KPU Provinsi NTB pada hari pertama kerjanya adalah pembahasan tentang seleksi KPU Kabupaten/Kota. Berdasarkan hasil pencermatan terhadap dokumen laporan tim seleksi KPU Kabupaten/Kota se-NTB, KPU Provinsi menyimpulkan dua hal. Pertama, terdapat 2 (dua) KPU Kabupaten/Kota yang menjalankan proses seleksi sesuai ketentuan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2013, yakni Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Tengah. Kedua, terdapat 8 (delapan) KPU Kabupaten/Kota yang tidak menjalankan seleksi sesuai PKPU Nomor 2 tahun 2013, yakni; Lombok Barat, Lombuk Utara, Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, dan Kota Bima. Terhadap kesimpulan pertama KPU Provinsi menetapkan kebijakan untuk langsung dilakukan uji kepatutan dan kelayakan. Sedangkan terhadap kesimpulan yang kedua, kebijakan KPU Provinsi NTB adalah menjalankan tes kesehatan rohani, sebagai salah satu komponen tes yang telah di atur dalam PKPU Nomor 2 tahun 2013, tetapi tidak dijalankan di 8 KPU Kabupaten/Kota bersangkutan. Untuk menjalankan tes kesehatan rohani, KPU Provinsi NTB bekerjasama dengan Rumah Sakit Jiwa Provinsi NTB.***


 
  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • -
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • -
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
Bagaimana pendapat Anda terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%