KOMISI A DPRD JATIM KUNKER KE KPU NTB

Foto untuk : KOMISI A DPRD JATIM KUNKER KE KPU NTB

Sebanyak 23 orang Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan kerja ke kantor KPU Provinsi NTB. Rombongan yang dipimpin ketua Komisi Mayjen. (Purn) Istu Hari Subagio bermaksud sharing informasi terkait persiapan pemilihan serentak di Provinsi NTB.

Pada kesempatan itu, ketua Komisi A Istu Hari Subagio memaparkan bahwa di Provinsi Jatim terdapat 15 kabkota yang akan menyelenggarakan pemilihan serentak tahun 2020.

Komisi A DPRD Jatim juga memberikan perhatian terhadap pembiayaan, Pencalonan khususnya calon perseorangan, upaya mewujudukan penyelenggara yang independen dan berintegritas.

"Kami telah menggali informasi dari berbagai media, dan kami tahu di NTB ada 7 kabkota yang pemilihan di 2029, sehingga kami memutuskan melakukan kunker ke KPU NTB", ujar Istu.

Ketua KPU Provinsi NTB Suhardi Soud dalam penerimaannya menceritakan bahwa KPU Provinsi NTB dan KPU Kabkota se NTB sangat concern mewujudkan pemilu yang berintegritas dan demokratis di NTB.

Pada Pemilu 2019, ada 10 gugatan yang terdaftar di Mahkamah Konstitusi (MK), namun semuanya dimenangkan oleh KPU, sehingga KPU RI memberikan penghargaan kepada KPU NTB sebagai Penyelenggara Berintegritas Peringkat 2 nasional, jelas Suhardi.

Khusus mengenai Pencalonan, Suhardi Soud menjelaskan minimal ada perbedaan cukup mendasar dalam Calon perseorangan, jika dibandingkan dengan pemilihan sebelumnya.

Pertama, kalau dulu data dukungan disusun dalam sebuah daftar nama-nama pendukung per Desa, dilampirkan fotocopy KTP, maka kini satu orang pendukung dibuat dalam satu lembar kertas atau form yang sudah disiapkan, yang memuat tentang data diri pendukung dan pada halaman itu juga ditempelkan fotocopy KTP nya.

Kedua, kalau dulu Calon perseorangan dapat mendaftar sebagai calon bersamaan dengan calon dari Parpol, meskipun dukungannya belum memenuhi syarat. Tetapi dalam pemilihan yang akan datang, Calon Perseorangan hanya dapat mendaftar menjadi calon jika dukungan yang diserahkan telah memenuhi syarat jumlah dan persebaran, setelah diverifikasi oleh KPU.

Tidak lupa Suhardi Soud juga menyampaikan bahwa 7 kabkota yang akan pemilihan 2020 semuanya telah menandatangani NPHD pada tanggal 1 Oktober 2019 sesuai tahapan, dengan total NPHD sebesar Rp. 147 Milyar lebih.

 

 
  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • -
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • -
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
Bagaimana pendapat Anda terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%