KPU PROVINSI NTB RAIH PERINGKAT KETIGA NASIONAL KEPATUHAN INFORMASI PUBLIK

Foto untuk : KPU PROVINSI NTB RAIH PERINGKAT KETIGA NASIONAL KEPATUHAN INFORMASI PUBLIK
Menteng, Jakarta - KPU Provinsi NTB meraih   peringkat ketiga kepatuhan informasi publik di lingkungan KPU provinsi Seluruh Indonesia. Penghargaan Kepatuhan pelayanan informasi publik skala nasional ini diberikan oleh KPU RI kepada KPU Provinsi yang telah melaksanakan keterbukaan Informasi publik kepada masyarakat. Penghargaan tersebut diberikan dalam forum rapat Evaluasi PPID KPU di kantor KPU RI jalan Imam Bonjol Jakarta, Selasa (4/4). 

Sebelumnya, pada tahun 2016 KPU Provinsi NTB berada di peringkat keempat, namun pada tahun 2017 ini KPU Provinsi NTB dapat meningkat dengan meraih peringkat ketiga kepatuhan informasi publik.

Penghargaan diterima oleh Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Yan Marli yang diserahkan langsung oleh Ketua KPU RI Juri Ardiantoro. Untuk peringkat pertama adalah KPU Provinsi DIY dan kedua KPU Provinsi Bali.

Menurut Yan Marli, penghargaan ini adalah suatu prestasi luar biasa yang diraih KPU Provinsi NTB di tingkat Nasional dalam upaya KPU Provinsi NTB sungguh-sungguh memberikan pelayanan informasi publik kepada masyarakat serta upaya membangun kepercayaan publik terhadap KPU di Provinsi NTB khususnya.

Ketua KPU RI Juri Ardiantoro mengatakan  penghargaan ini jangan menjadi beban kerja,  melainkan menjadikan semua ini sebagai ajang bagi KPU Provinsi meraih prestasi yang menguntungkan KPU Provinsi itu sendiri, karena dengan pengakuan dari lembaga lain seperti lembaga Indonesian Parliamentary Center (IPC) yang telah menilai PPID Award kali ini dengan indikator penilaian antara lain Sosialisasi Regulasi, Ruang Pelayanan, Struktur PPID, Website, Daftar Informasi Publik, Laporan Pelayanan, dan E-PPID. 

Indikator penilaian tersebut dapat membentuk kepercayaan publik kepada KPU Provinsi, tutur Juri.

Sementara itu Komisioner KPU RI Ferry Kurnia Rizkiansyah mengatakan pemberian penghargaan ini dapat mendorong dan memicu serta menggerakkan 514 Satker Kab/Kota di Indonesia untuk berlomba-lomba memberikan pelayanan bagi masyarakat.

Terkait ruang pelayanan informasi, Ferry  berharap ruang pelayanan informasi publik di masing-masing satker dapat di tempatkan secara proporsional, namun kalau anggaran dalam menata dan membangun itu semua belum mencukupi, yang terpenting tersedianya papan alur pelayanan, maklumat, waktu pelayanan, meja, kursi, komputer dan sebagainya tersedia sehingga dapat menunjang pelayanan dengan baik, itu saja sudah cukup baik, imbuhnya.

Sepuluh besar KPU Provinsi Peraih PPID Award:
KPU Prov. DIY
KPU Prov. Bali
KPU Prov. NTB
KPU Prov. Banten
KPU Prov. DKI Jakarta
KPU Prov. Jawa Tengah
KPU Prov. Kalimantan Barat
KPU Prov. Sulawesi Selatan
KPU Prov. Sulawesi Tenggara
KPU Prov. Sumatera Barat

  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
Bagaimana pendapat Anda terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%