KPU SASAR KAWASAN SENGGIGI DAN WARGA PESISIR

Sosialisasi Pemilu Presiden

Mataram. KPU NTB menyasar warga Senggigi Lombok Barat dan warga pesisir pantai Nipah Lombok Utara jelang pemilu presiden 9 Juli 2014. Sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu presiden mendatang.

Dalam sosialisasi tersebut anggota beserta pegawai sekretariat KPU NTB membagikan pamflet dan stiker kepada masyarakat. Bahkan di kawasan wisata Senggigi anggota KPU sempat berdialog dengan warga seputar pemilu presiden.

Komisioner KPU juga memberikan informasi terkait tata cara memilih terutama terkait daftar pemilih tetap (DPT). Rata-rata warga yang ditemui KPU menyatakan sudah mengetahui syarat-syarat menjadi pemilih dan kapan pelaksanaan pemilu presiden.

Beberapa diantaranya juga mengaku belum menerima c6 atau undangan untuk memilih. Dalam kesempatan itu, KPU NTB juga membagikan pamphlet bergambar dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden lengkap dengan visi-misinya.

Sosialisasi ini kami lakukan untuk memastikan masyarakat di kawasan wisata senggigi dan masyarakat pesisir pantai sudah mengerti kapan pemilihan dan siapa yang akan dipilih, ujar Plt. Sekretaris KPU NTB Mars Ansori Wijaya.

Dikatakan , KPU memilih kawasan wisata senggigi dan pesisir pantai karena wilayah tersebut dinilai masih minim sosialisasi. Meski begitu, Ansori mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat.

Tidak hanya KPU NTB, sosialisasi pemilu juga dilakukan oleh KPU kabupaten/kota di NTB. KPU juga menyosialisasikan bahwa masyarakat yang sudah boleh memilih tapi belum terdaftar dalam DPT tetap dapat menggunakan hak pilihnya. Terutama mereka yang sudah berusia 17 tahun dan sudah pernah menikah dapat mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) dimana dia berdomisili dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Sementara itu di Kota Mataram, KPU Kota Mataram juga mengelar sosialisasi pemilu di Mal Mataram. KPU menyediakan berbagai jenis door prize untuk masyarakat. Masyarakat juga tampak antusias mengikuti sosialisai KPU tersebut.

Divisi Sosialisasi dan Sumber Daya Manusia KPU NTB Agus mengatakan, pihaknya juga sudah menyebar spanduk ke seluruh desa dan kelurahan. Sejumlah baliho serta pamphlet disebar untuk mengajak masyarakat mengunakan hak pilihnya.

Sejak awal kami sudah menyosialisasikan pemilu presiden kepada masyarakat . Peran media juga sangat membantu KPU untuk menyukseskan pemilu presiden, ujarnya.

Junmlah pemilih di NTB pada pemilu presiden di NTB mencapai 3.522.679 pemilih atau bertambah 54.428 pemilih dari jumlah pemilih pada pemilu legislative lalu yang berjumlah 3.4683251 pemilih. SElanjutnya mereka akan memilih di 8.552 TPS yang tersebar di 116 kecamatan.

Agus berharap partai politik serta sejumlah relawan pemenangan masing-masing pasangan capres/cawapres juga ikut menyosialisasikan pem,ilu presiden. Dia optimist is pemilu presiden 2014 berlangsung sukses dengan tingkat partisipasi pemilih yang maksimal.


  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
Bagaimana pendapat Anda terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%