OPTIMALKAN ANGGARAN : KPU NTB GELAR RAKOR PENYUSUNAN ANGGARAN TAHAPAN PEMILU 2014

Sukses pemilu salah satunya dipengaruhi oleh ketersediaan sumber daya khususnya sumber daya keuangan atau anggaran. Dalam rangka optimalisasi anggaran tertib pengelolaan, efektif, dan efisien baik di tingkat KPU Provinsi maupaun KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar rapat koordinasi yang diikuti oleh Divisi Logistik, Anggaran dan Organisasi, Kasubag Perencanaan dan Anggaran, serta operator PPK, KPU Kabupaten/Kota se-Nusa Tenggara Barat. Rapat koordinasi ini berlangsug di hotel Lombok Raya Mataram dari tanggal 17 sampai dengan 18 Maret 2014.

Pembukaan rapat koordinasi dihadiri oleh Ketua, Anggota, Sekretaris dan pejabat struktural di lingkup Sekretariat KPU Provinsi NTB. Dalam sambutannya Ketua KPU Provinsi NTB Lalu Aksar Ansori menyatakan selaku lembaga yang ditugasi undang-undang untuk menyelenggarakan pemilu KPU telah menyusun Rencana Strategis KPU untuk periode tahun 2010-2014. Renstra ini disusun berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Selain menjabarkan hasil evaluasi pelaksanaan tugas dan kewenangan yang telah dilaksanakan pada periode sebelumnya, Renstra KPU juga memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program dan kegiatan serta pendanaannya yang akan dilaksanakan oleh seluruh satuan kerja di lingkungan KPU baik dari pusat maupun daerah.

Salah satu tugas dan wewenang KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dalam penyelenggaraan pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD menurut Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 adalah merencanakan program dan anggaran serta menetapkan jadual. Berdasarkan jadual yang telah disusun KPU RI sudah banyak kegiatan mampu kita seelesaikan dengan baik dan beberapa lainnya terdapat beberapa kelemahan yang mesti menjadi catatan kita bersama. Saat ini kita sedang berada pada posisi tahapan pemilu telah berjalan 85 %, sisanya membutuhkan kerja keras kita bersama. Oleh karena itu saya mengharapkan seluruh peserta rapat koordinasi benar-benar bisa memanfaatkan forum ini secara maksimal. Sepulang dari acara ini, seluruh peserta harus berbagi informasi kepada komisioner dan sekretariat yang lain untuk diimplementasikan. Dengan demikian forum ini tidak hanya sekedar kegiatan seremonial tetapi benar-benar memiliki makna yang berguna bagi kerja kita.Demikian disampaikan Lalu Aksar Ansori.  

Sementara itu Ketua Divisi Organisasi, Anggaran dan Logistik KPU Provinsi NTB Hesti Rahayu,ST,MM memaparkan bahwa saat ini lebih dari separuh logistik untuk kebutuhan pemungutan suara, penghitungan dan rekapitulasi suara sudah berada di KPU Kabupaten/Kota. Teman-teman komisioner bersama Sekretariat KPU Kabupaten/Kota diharapkan dapat mengelola seluruh logistik tersebut hingga sampai di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Terhadap beberapa kekuarangan logistik agar segera dilaporkan ke KPU RI melalui sistem informasi logistik (Silog) maupun bersurat kepada KPU RI dengan tembusan kepada KPU Provinsi. Dengan demikian kami menjadi lebih mudah menyampaikan laporan secara komulatif dan komprehensif kepada KPU RI. Sedangkan terkait dengan pengelolaan anggaran, tolong teman-teman selalu berpegang pada semua peraturan perundang-undangan yang berlaku serta berpedoman pada paradigma efisien, efektivitas dan akuntabilitas.  Kita tidak ingin sukses dalam pelaksanaan tahapan-tahapan pemilu tetapi selesai pemilu kita pindah tempat ngantor. Tentu kita inginkan semua bidang kita sukses dan aman serta selamat. Demikian himbauan Hesti Rahayu,ST,MM.


 
  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • -
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • -
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
Bagaimana pendapat Anda terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%