PARPOL DAN CALON ANGGOTA DPD SERAHKAN LAPORAN PERNERIMAN SUMBANGAN DANA KAMPANYE

Sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan yaitu tanggal 27 Desember 2013 semua Partai Politik peserta pemilu di provinsi NTB telah menyerahkan dan Sebagian Calon Anggota  DPD Dapil Provinsi NTB telah menyampaikan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye Periode I kepada KPU Provinsi NTB. 

Kabag Humas KPU Provinsi NTB Mars Ansori Wijaya menyebutkan hingga tanggal 27 Desember 12 Partai Politik telah menyampaikan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye Periode I. Sementara itu, Calon Anggota DPD yang menyerahkan sebanyak 29 orang dari 40 orang Calon Anggota DPD.   

Dijelaskan, dari hasil analisas terhadap berkas laporan yang disampaikan baik oleh Parpol maupun Calon Anggota DPD, masih ada yang belum sesuai dengan permintaan KPU. Terhadap hal ini, Parpol dan Calon Anggota DPD diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan selama 5 hari sesuai ketentuan Peraturan KPU. 

Terkait adanya Calon Anggota DPD yang belum menyerahkan Laporan pada tanggal 27 Desember 2013, Ansori menjelaskan bahwa peserta pemilu masih diberikan toleransi waktu selama 2 hari untuk menyampaikan laporannya sesuai Surat Edaran KPU. Diharapkan dalam waktu 2 hari ini semua Calon Anggota DPD telah menyelesaikan dan menyampaikannya Laporannya kepada KPU Provinsi NTB. 

Namun setelah diberikan toleransi sampai dengan tanggal 29 Desember 2013, ternyata tidak semua Calon Anggota DPD menyerahkan Laporannya. Masih ada 8 orang Calon Anggota DPD yang belum juga hadir menyerahkan Laporan. Sekretariat KPU Provinsi NTB telah berupaya menghubungi yang bersangkutan maupun petugas penghubungnya baik melalui telpon maupun sms, jelas Ansori. 

Terhadap peserta yang belum menyerahkan Laporan ini, KPU Provinsi NTB tetap menunggu yang bersangkutan maupun petugas penghubung menyerahkan laporannya. Selanjutnya, KPU akan segera mengumumkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye tersebut di papan pengumuman dan Website KPU Provinsi NTB. Pengumuman tersebut tentu saja selain akan menyajikan Jumlah Sumbangan Dana Kampanye, juga akan disebutkan peserta pemilu yang terlambat mennyerahkan Laporan dan Peserta pemilu yang sama sekali tidak menyerahkan laporan. 

Memang di dalam Peraturan KPU tidak diatur sanksi yang tegas bagi peserta pemilu yang tidak menyerahkan Laporan penerimaan sumbangan dana Kampanye. Yang diberikan sanksi hanya terhadap 2 Laporan, yaitu jika tidak menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye maka akan dibatalkan sebagai peserta pemilu. Sedangkan jika tidak menyerahkan laporan penerimaan dan pengeluaran dana Kampanye (LPPDK) maka tidak akan ditetapkan sebagai calon terpilih, tandas Ansori.

Terkait dengan Laporan Dana Kampanye, peserta pemilu diminta untuk membuat dan menyampaikan 5 Jenis Laporan, yaitu: Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye Periode I, Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye Periode II, Laporan Pembukaan Rekening Dana Kampanye, Laporan Awal Dana Kampanye, dan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) yang periode penyerahannya berbeda-beda, pungkas Ansori.


  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
Bagaimana pendapat Anda terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%