PEGAWAI SEKRETARIAT KPU DIBINTEK

Sumbawa. Guna meningkatkan kapasitas kelembagaan, para pegawai sekretariat KPU diberikan bimbingan teknis (Bintek) terkait kepemiluan oleh KPU Sumbawa. Kegiatan ini dilaksanakan sejak Jumat (20/6) hingga kemarin di Hotel Transit Sumbawa.

Ketua KPU Sumbawa Syukri Rahmat yang ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan, pihaknya melaksanakan bintek bagi pegawai sekretariat di tingkat internal KPU Sumbawa. Dalam hal ini pihaknya juga mengundang perwakilan dari Panwaslu Sumbawa. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatakan kapasitas kelembagaan seluruh keluarga besar penyelenggara pemilu.

Hal ini dilakukan untuk lebih meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang berkaitan dengan kepemiluan, ujar Syukri.

Dipaparkan, materi yang disampaikan mengenai undang-undang dan materi kepemiluan secara umum. Pihaknya juga memberikan penjelasan mengenai pemilu presiden dan wakil presiden dan materi mengenai pemutakhiran data pemilu. Serta materi tentang pemungutan dan penghitungan rekapitulasi hasil ditingkat PPS, PPK maupun kabupaten.

Hal yang lebih teknis adalah mengenai pendistribusian logistic dan pengaturan logistic pemilu. Pihaknya juga akan melakukan simulasi tentang tata cara pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Teman-teman sekretariat ini kami harapkan sangat memahami tata cara pola pelaksanaan dan pemungutan suara, imbuhnya.

Syukri menjelaskan, dalam simulasi pihaknya akan membuat mereka berperan sebagai panitia pemungutan suara. Serta ada juga yang diperankan sebagai pemilin tuna netra. Dalam hal ini dilihat bagaimana cara penyelenggara pemilu menyikapi persoalan seperti ini dilapangan. Sehingga para penyelenggara pemilu memiliki pemahaman komprehensif mengenai tata cara kepemiluan.

Selain itu, ditekankan kepada pegawai sekretariat untuk memupuk semangat kebersamaan dan komitmen untuk menyukseskan pemilu presiden dan wakil presiden. Sebagai bagian dari penyelenggara harus bisa memperlihatkan independensi, netralitas dan menjaga integritas. Hal ini merupakan yang paling penting disamping pengetahuan teknis. Karena pihaknya, dituntut untuk memperlihatkan sikap sebagai sosok penyelengara yang jujur, berintegritas dan terpercaya oleh masyarakat.

Tentu akhirnya hasil yang ingin dicapai adalah penyelenggaraan pemilu yang lancar, tertib, aman hasilnya yang berkualitas, tuturnya.

Dalam pemilu presiden ini tidak ada perbedaan pola dalam penyelenggaraannya. Hanya saja memang dari evaluasi yang dilakukan termasuk evaluasi secara nasional, kemungkinan dianggap penyelenggara membutuhkan pembekalan. Karena tidak menutup kemungkinan pengetahuan penyelenggara tentang kepemiluan realtif berbeda.

Jadi Kami ingin sharing dan berbagi dengan teman-teman sekretariat juga. Masing-masing divisi memberikan materi mengenai pemahaman mereka, tambahnya.

Kegiatan ini juga untuk memperkuat kembali pemahaman yang sudah ada. Dengan materi yang diberikan, otomatis pemahaman penyelenggara akan semakin meningkat. Mereka juga akan semakin meningkat. Mereka juga akan semakin terampil dalam melaksanakan tugas kepemiluan di lapangan.


 
  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • -
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • -
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
Bagaimana pendapat Anda terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%