PERADI SIAP DAMPINGI KPU KABUPATEN/KOTA DI NTB YANG PILKADA

Foto untuk : PERADI SIAP DAMPINGI KPU KABUPATEN/KOTA DI NTB YANG PILKADA

Mataram. Pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC PERADI) Mataram yang sedianya dilaksanakan tanggal 3 Februari 2015 di Golden Hotel Mataram diundur karena persoalan teknis.  Meskipun demikian, Ketua Panitia yang juga mantan Komisioner KPU NTB periode 2008-2013 H.Ilyas Sarbini,SH,MH saat dihubungi di tempat acara mengatakan PERADI Mataram siap mendampingi KPU Kabupaten/Kota se-Nusa Tenggara Barat yang akan menyelenggarakan pemilukada.

Ilyas Sarbini menerangkan dari sisi peradilan sengketa hasil pemilu, pemilukada kali ini berbeda dengan sebelumnya. Apabila pada pemilukada sebelumnya sengketa hasil pemilu oleh Mahkamah Konstitusi (MK), maka saat ini sengketa hasil pemilu merupakan kewenangan pengadilan tinggi. Tentu saja ini akan menimbulkan banyak masalah. Teman-teman sudah terbiasa bersidang di MK, besok harus bersidang di pengadilan tinggi. Secara teknis, psikologis maupun politis ini berbeda. Oleh karena itu kami akan mencoba mendampingi teman-teman Kabupaten/Kota, imbuhnya.

Tidak hanya sengketa hasil, pemilukada juga rawan di hampir setiap tahapan. Misalnya saja tahap pencalonan. Karena ada proses pencalonan ada istilah pendaftaran bakal calon dan ada pendaftaran calon, kemudian diantara itu ada uji publik.  Sementara dalam pendaftaran bakal calon partai politik atau gabungan partai politik boleh mendaftarkan lebih dari satu bakal calon. Sedangkan pada waktu pendaftaran calon hanya boleh satu calon. Ini biasa sangat rawan dipersoalkan, baik secara politis maupun hukum.  Karena itu teman-teman KPU Kabupaten/Kota mesti harus hati-hati. Demikian disampaikan Ilyas Sarbini.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM KPU Provinsi NTB Agus, M.Si yang menghadiri undangan tersebut menyambut baik keinginan PERADI. Di antara beberapa anggota PERADI ini sudah sering dilibatkan oleh KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota dalam sengketa pemilu. Oleh karena itu saya sangat yakin atas kemampuan mereka. Untuk itu menarik juga kalau teman-teman KPU Kabupaten/Kota  terus berkomunikasi dengan PERADI atau personil-personil PERADI itu, kata Agus.

Sebagaimana diketahui jika merujuk ke undang-undang pemilukada dan draf peraturan KPU, maka di tahun 2015 ini ada enam kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pemilukada. Enam kabupaten/kota tersebut adalah; Kabupaten Lombok Utara, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Dompu, dan Kabupaten Bima. Mengingat pemilukada kali ini sangat berbeda secara teknis pemilu dengan pemilukada sebelumnya, maka peran seluruh pemangku kepentingan menjadi sangat bermakna. PERADI merupakan pemangku kepentingan utama yang harus kita gandeng, imbuh Agus.

Lebih lanjut Agus menegaskan sengkata pemilu merupakan hal yang sulit kita hindari karena itu merupakan hak konstitusional setiap peserta pemilu. Karena itu, kami berharap teman-teman komisioner yang akan menyelenggarakan pemilukada agar betul-betul cermat, hati-hati, professional dan transparansi. Kita sudah punya pengalaman yang cukup banyak menyelenggarakan pemilu, baik pemilu nasional maupun pemilu lokal. Saya kira pengalaman-pengalaman itu menjadi guru yang terbaik untuk kita mempersembahkan pemilukada berkualitas di tahun ini. Saya percaya teman-teman kabupaten/kota mampu menyelesaikan tugas dahsyat ini dengan baik. Demikian harapan Agus.*****  


  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
 

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%