PERAN PERS DALAM DEMOKRASI ELEKTORAL

Foto untuk : PERAN PERS DALAM DEMOKRASI ELEKTORAL

Diskusi awal tahun:
PERAN PERS DALAM DEMOKRASI ELEKTORAL

Pers memiliki peran yang sangat vital mendorong dan terwujudnya demokrasi elektoral. Pers senantiasa hadir menyampaikan pesan-pesan cerdas kepada masyarakat ditengah hiruk-pikuk pesta demokrasi.

Bahkan dalam sejarah perhelatan pemilu di Indonesia sejak tahun 1955, pers selalu tampil mengambil bagian dalam proses demokrasi.

Beberapa partai politik sadar betul akan peran strategis pers dalam pemilu, sehingga banyak parpol yang memanfaatkan media sebagai alat untuk memenangkan pesta demokrasi. Tidak heran Parpol akhirnya memiliki atau berafiliasi dengan media.

Demikian dikatakan oleh Ketua Divisi Sosialisasi, pendidikan pemilih dan SDM KPU Provinsi NTB Agus Hilman dalam acara diskusi bertajuk Peran Pers dalam Meneropong Demokrasi Elektoral di Provinsi NTB di kantor KPU NTB, Senin (3/1/20).

Lebih jauh Agus Hilman mengungkapkan Pemilu 2019 di wilayah NTB berlangsung cukup sukses, ditandai dengan kondisi daerah yang kondusif. Daerah yg dulu zona merah, dalam pemilu terakhir sangat kondusif.

Tidak hanya itu, tingkat partisipasi dalam pemilu 2019 di NTB juga meningkat cukup siginifikan. Ini tidak terlepas dari peran rekan-rekan pers. Peran ini juga sangat diharapkan dalam pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2020, kata Agus Hilman.

Sementara Divisi Teknis Penyelenggaraan Zuriati mengungkapkan rencana KPU menerapkan e-rekap dalam Pemilihan serentak 2020.

Salah satu terobosan KPU dalam meningkatkan kualitas Pemilihan serentak 2020 yaitu rencana penerapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara secara Elektronik (E-Rekap).

Sistem ini akan berupaya menghadirkan hasil perhitungan di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dapat tersaji dengan lebih cepat dengan menggunakan sistem elektronik yang nantinya setiap pergerakan hasil perhitungannya dapat langsung dilihat dan diakses oleh masyarakat,” terang, Zuriati.

Dalam sistem ini, lanjut Zuriati, akan ada penyederhanaan formulir yang dipegang oleh para saksi atau peserta Pemilu. Setiap KPPS juga akan memiliki fasilitas android yang terdaftar dalam sistem sehingga keamanan jaringannya sangat terjaga. Setiap KPPS akan langsung memfoto hasil perhitungan C-1 Plano, dan langsung mengirimkannya ke server tingkat Kabupaten.

Menyinggung proses Pemilihan serentak di 7 kabkota se NTB, Ketua KPU NTB Suhardi Soud, menjelaskan bahwa saat ini adalah masa penyerahan dukungan Bakal Calon Perseorangan.

"Sudah ada beberapa Bapaslon Perseorangan yang mengambil Username dan Password Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Dan sudah ada pula yang melakukan entry data dukungan ke dalam Silon", kata Suhardi.

Ketika ditanya, siapa yang telah mengentry data, Suhardi mengatakan di Kab. Bima 1 Bapaslon, Sumbawa 2 Bapaslon, Kota Mataram 1 Bapaslon. Maaf namanya Bapaslon belum dapat kami publikasi, karena masih dalam tahap entry data", jawabnya diplomatis.


 
  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • -
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • -
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
Bagaimana pendapat Anda terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%