REKAPITULASI LANCAR, KPU TUNDA PSU

Mataram. Rekapitulasi hasil pemilu di NTB tingkat KPU RI berjalan lancar. KPU NTB merupakan salah satu provinsi dari 8 provinsi yang hasil pemilunya diterima. Itu dikatakan Divisi Sosialisasi dan SDM KPU NTB Agus kepada wartawan, kemarin. Menurutnya dari 15 provinsi NTB merupakan salah satu daerah yang baik dalam segi pelaksanaan pemilu. Lagipula tingkat partisipasi pemilih pada pemilu legislative 2014 di NTB mencapai 77,31 persen. Rekapitulasi untuk NTB ditingkat KPU RI berjalan lancar, ujarnya.

Dikatakan, setelah rekapitulasi hasil penghitungan suara agenda selanjutnya adalah penetapan calon terpilih baik DPD maupun DPR RI yang berlangsung pertengahan Mei mendatang. Terkait kemungkinan adanya gugatan partai politik atau peserta pemilu dapat dilakukan melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

Meski begitu, keberatan tersebut menurut Agus semstinya disampaikan secara berjenjang baik saat pelaksanaan pemilu di tingkat PPS, PPK dan KPU Kabupaten/Kota. Tapi silakan itu hak masyarakat ungkapnya.

Disingung mengenai rekomendasi Bawaslu tentang Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sejumlah TPS, KPU mengacu pada undang-undang 8/2012 tentang pemungutan suara ulang. Serta Surat Edaran KPU Nomor 333/2014 tentang pemungutan suara ulang. Dalam surat edaran tersebut tercantum bahwa batas waktu pemungutan suara ulang 10 hari setelah pemngutan suara.. Kami baru menerima rekomendasi dari Bawaslu pada 27 April 2014 untuk PSU pada TPS di Lombok Tengah dan TPS di Kabupaten Bima, ujarnya.

Rekomendasi Bawaslu itu dinilai melampaui ketentuan UU 8/2012 tersebut. KPU menunda pelaksanaan pemungutan suara baik di Lombok Tengah maupun Bima. Terlebih rekomendasi yang dikeluarkan Bawaslu tanpa dilengkapi kajian.

Menurut Agus, KPUmenerima rekomendasi yang tertera pada dua lembar kertas tanpa ada kajiannya. Begitu halnya dengan persoalan caleg di internal partai. KPU berharap partai politik dapat menyelesaikan persoalan terkait perolehan suara caleg di internalnya masing-masing.

Dikatakan, jumlah pemilih terdaftar dalam DPT dan DPK 3.564.906. Jumlah pemilih yang datang ke TPS mengunakan hak pilihnya 2.755.970. Maka angka partisipasi pemilih dalam pemilu legislative melampaui target. Jika yang tercantum dalam Rencanan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang ditetapkan pemerintah 75 persen. Maka di NTB telah berhasil diatas target RPJM.


  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
 

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%