RIBUAN DPSHP DITEMUKAN BERMASALAH

Tanjung. Seiring tenggat penentuan daftar pemilih tetap (DPT) yang semakin mepet, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Utara (KLU) masih terus melakukan perbaikan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP). Disyinyalir, dari 160.612 orang yang terdaftar dalam DPSHP KLU untuk pemilihan presiden (pilpres) mendatang, ditemukan ribuan daftar masih bermasalah.

Sampai sekarang kita msih turun ke lapangan untuk sinkronkan data pada DPSHP, kata Ketua KPU KLU Fajar Martha.

KPU sendiri telah menerima data dari panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu), bahwa jumlah data yang bermasalah tersebut mencapai ribuan. Khususnya, di wilayah Kecamatan Bayan dan Kecamatan Kayangan. Diantara kekeliruan DPSHP yang ditemukan, ada nama pemilih yang terdaftar tersebut ternyata sudah meninggal dunia, pemilih tanpa nomor induk kartu tanda penduduk, hingga pemilih yang sudah merantau menjadi tenaga kerja.

Di wilayah timur KLU, kekeliruan tersebut cukup tingi. Terutama di Kecamatan Kayangan, ada sekitar 400 data yang bermasalah, kata Fajar.

Menindaklanjuti data yang bermasalah, Fajar mengaku sudah menggerakkan lini dibawahnya agar terus melakukan pembenahan dan sinkronisasi di lapangan. Masing-masing PPS diminta melakukan perbaikan dengan merujuk pada daftar pemilih tetap tambahan (DPTB) pada pemilihan legislative (pileg) lalu agar mereka bisa masuk DPT pada pilpres mendatang.

KPU Masih Sinkronkan Data

 

Kita berharap proses perbaikan ini bisa segera rampung karena bulan ini DPSHP memang harus dituntaskan dan DPT segera ditetapkan, imbuh Fajar.

KPU juga mengaku sudah mensosialisasikan DPSHP tersebut selama beberapa pekan terakhir. Masyarakat juga diberikan ruang untuk melakukan koreksi dan masukan ketika terdapat data yang keliru. Dijelaskan pula, setelah proses penetapan tersebut, KPU kabupaten/kota selanjutnya mengolah DPSHP menjadi DPT pada 7 – 9 Juni 2014.

DPSHP yang tercatat saat ini sendiri memang sangat memungkinkan bakal berubah. Untuk itu tetap kita lakukan sinkrinisasi sebelum akhirnya ditetapkan sebagai DPT, pungkas Fajar.


  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
Bagaimana pendapat Anda terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%