RPP LAWATA KPU KOTA BIMA DIRESMIKAN, Bukhari: Ada pula Versi Androidnya

Foto untuk : RPP LAWATA KPU KOTA BIMA DIRESMIKAN, Bukhari: Ada pula Versi Androidnya
Kota Bima, NTB – Keseriusan KPU Kota Bima BIma untuk membangun Demokrasi dan memberikan pendidikan bagi pemilih akan arti pentingnya Pemilu dan Pilkada di Kota Bima semakin terlihat, seiring dengan dibangun dan diresmikannya Rumah Pintar Pemilu (RPP) “Lawata” KPU Kota Bima. Persemian dilakukan oleh Ketua KPU Provinsi NTB Lalu Aksar Ansori, Selasa (26/4) ditandai dengan pemukulan Gong.

Ketua KPU Provinsi NTB, Lalu Aksar Ansori pada kesempatan itu mengatakan “RPP Lawata benar benar menjadi sangat penting. Keberadaannya tidak saja menjadi bagian KPU Kota Bima tetapi harus menjadi milik masyarakat. Pintu RPP Lawata terbuka seluas-luasnya bagi siapapun yang berkunjung, lebih-lebih pada saat pilkada dan pemilu 2019 mendatang.

Dengan menggunakan pakaian kebesaran adat suku Mbojo, Lalu Aksar menjelaskan kehadiran RPP Lawata akan menjadi pusat edukasi masyarakat Kota Bima yang ingin mengetahui secara lebih mendalam mengenai demokrasi dan pemilu. Karenanya ia juga menghimbau kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat Kota Bima untuk memanfaatkan RPP Lawata dengan sebaik-baiknya, tidak hanya untuk melihat-lihat papan display, tetapi RPP ini juga dapat dipergunakan sebagai tempat diskusi yang produktif.

Sebelumnya, ketua KPU Kota Bima, Bukhari memaparkan konsep RPP Lawata yakni konsep pendidikan pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang-ruang dari suatu bangunan untuk melakukan edukasi kepada pemilih. Konsep RPP ini penting menjadi kebutuhan pemilih dan masyarakat akan hadirnya sarana untuk melakukan edukasi nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan.

Penamaan RPP Lawata mengandung nilai filosofi. “Lawata” berasal bahasa sangsekerta, terdiri dari dua kata yakni LAWANG dan ITA. Kemudian dalam perkembangannya mengalami perubahan menjadi LAWA setelah masuk di daerah Bima. Ini disebabkan karena dalam intonasi lidah orang bima yang biasanya tidak menyebut akhiran dari sebuah kosa kata. Namun arti dari kata LAWA tadi masih sama sesuai aslinya yakni PINTU. “Jadi LAWATA berarti pintu gerbang bagi siapa pun yang masuk dan menginjakkan kaki di Kota Bima ini”, tutur Bukhari.

Di dalam RPP Lawata, KPU Kota Bima memanfaatkan teknologi informasi terkini yang makin digandrungi oleh masyarakat. Dengan memanfatkan aplikasi Android, KPU Kota Bima menghadirkan pula RPP versi Android. Dalam aplikasi RPP versi Android ini, menu-menu yang ditampilkan itu sama seperti yang ada di dalam kantor ini. Seperti data Pemilu Nasional, Pemilu Kepala Daerah dari waktu ke waktu, sejarah pemilu dan demokrasi.

“Aplikasi ini dapat langsung di download melalui playstore. Dengan adanya aplikasi ini semoga data Pemilu dapat diakses dimana saja melaui gadget anda. Artinya data pemilu KPU Kota Bima ada dalam genggaman anda”, tutur Bukhari

  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
 

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%