TIGA KREASI PENYELENGGARAAN PEMILUKADA DI DOMPU

Foto untuk : TIGA KREASI PENYELENGGARAAN PEMILUKADA DI DOMPU

Dompu, (27/8/2015). Pemilukada tahun 2015 memiliki tantangan tersendiri.  Disamping teknis penyelenggaraannya serentak, penyelenggara pemilunya hirarkhis, dan beberapa partai politik pengusung pasangan calon sedang mengalami konflik internal. Pada waktu pelaksanaan pemilukada 2015 masyarakat juga sudah mulai cerdas, kritis dan memiliki beragam tuntutan.

Dalam posisi yang demikian, KPU Kabupaten/Kota sebagai penyelenggara pemilu tidak hanya dituntut cermat, indevenden, dan profesional. Lebih dari itu KPU Kabupaten/Kota dituntut memiliki inovasi dan kreasi dalam memberi pelayanan kepada peserta pemilu, masyarakat dan seluruh stakeholder.  Dengan inovasi dan kreasi, maka oernamen pemilukada tidak statis dan kaku tetapi dinamis dan memiliki daya tarik.

Semangat di atas rupanya muncul di KPU Kabupaten Dompu. Dalam kunjungan KPU Provinsi beserta awak media di Kantor KPU Dompu, Selasa 27 Agustus 2015 terungkap tiga kreasi penyelenggaraan pemilukada oleh KPU Kabupaten Dompu.

Ketua KPU Kabupaten Dompu Rusdiyanto,ST didampingi komisioner dan Sekretaris beserta para Kasubag, menyampaikan tiga kreasi penyelenggaraan pemilukada yang sangat terasa manfaatnya, yakni; adanya ruang pelayanan konsultasi pencalonan, adanya peta TPS, dan pemanfaatan media sosial seperti BBM dan Facebook sebagai media komunikasi internal organisasi bersama PPK, PPS dan PPDP.

Ruang konsultasi pencalonan dijadikan sebagai tempat konsultasi tim penghubung bakal pasangan calon dimana kita sediakan staf yang khusus memberi penjelasan dan bimbingan terhadap berbagai permasalahan terkait persyaratan pencalonan maupun persyaratan administrasi bakal pasangan calon. Yang menarik lanjut Rusdiyanto, tim penghubung ini sangat aktif dating konsultasi. Dalam sehari mereka konsultasi sampai tiga kali, jadi seperti orang minum obat ungkap Rusdiyanto. Runag konsultasi ini kita buka sampai masa penyerahan perbaikan persyaratan berakhir, terang Rusdiyanto.

Divisi Teknis KPU Dompu Agus Setiawan,SH menambahkan bahwa keberadaan ruang konsultasi ini sangat membantu tim penghubung maupun kami sebagai penyelenggara. Komunikasi kami menjadi lebih intensif dan efektif, karena di ruang konsultasi ini kita bisa mendiskusikan segala hal yang belum mereka pahami hingga pemahaman mereka menjadi utuh. Dan hasilnya proses pencalonan di KPU Kabupaten Dompu berjalan sangat lancer, aman, stabilitas politik dapat dijaga dengan baik, dan yang pasti para kandidat maupun partai politik pengusung sangat puas dengan layanan kita, imbuh Agus.

Komisioner lain, Sri Rahmawati,SE menjelaskan proses pemutakhiran data pemilih berjalan cukup lancer. Meskipun ada beberapa kendala seperti server SIDALIH sering lelet dan ada kecamatan yakni Kecamatan Pekat yang kondisi geografisnya sangat berat, dimana jarak desa dengan ibukota kecamatan sangat berjauhan. Termasuk kondisi Kecamatan Woja yang jumlah TPS-nya sangat gemuk sehingga berakibat pada lambatnya proses pada aplikasi program maupun manual. Namun kesemuanya dapat diatasi, karena semangat kerja PPK, PPS dan PPDP yang luar biasa, tambah Rahma, sapaan akrab Sri Rahmawati.

Lebih lanjut Rahma menambahkan untuk mewujudkan asas transparansi dan mempermudah semua pihak dalam mendapatkan informasi pemilih, kami membuat peta TPS. Di dalam peta itu, kita bisa mengetahui dengan mudah misalnya dalam satu rumah berapa Kepala Keluarga (KK), kemudian dalam satu KK berapa pemilih, hinggi distribusi stiker. Semuanya tergambar secara utuh. Keberadaan peta TPS ini sangat membantu kami mendapatkan data pemilih yang akurat dan tentu nanti pada waktu distribusi undangan memilih juga petugas kita dilapangan akan lebih mudah. Demikian penjelasan Rahma.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan SDM, Suherman, S.Pd menambahkan bahwa KPU Kabupaten Dompu sangat menyadari peran komunikasi internal organisasi yang efektif sebagai penyokong kinerja penyelenggaraan pemilukada di Dompu. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi sekarang ini, kami memanfaatkan media sosial seperti group BBM dan Facebook sebagai media komunikasi dengan PPK, PPS dan PPDP. Hasilnya Alhamdulillah teman-teman PPK, PPS dan PPDP sangat antusias. Kami bisa komunikasi dari siang hingga malam hari, sehingga semua persoalan dapat kami selesaikan dengan cepat, imbuh Suherman.

 Atas temuan tiga kreasi penyelenggaraan pemilukada di Kabupaten Dompu, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM, KPU Provinsi NTB, yang sekaligus Korwil Dompu Agus, M.Si, di sela-sela kunjungannya bersama Kabag Teknis, Hukum dan Hupmas H.Suhaili,SH,MH beserta staf Sekretariat KPU Provinsi NTB Ramdhani, memberi apresiasi atas kreasi tersebut.

Agus menjelaskan bahwa di era ini pemilu berkualitas tidak hanya diukur dari indikator demokrasi, tetapi juga apakah pemilu itu berjalan dengan menggembirakan atau tidak. Kalau pemilu itu berjalan dengan tegang kemudian penuh konflik, maka kualitas penyelenggaraan pemilu itu rendah, sebaliknya jika selama maupun pasca pemilu masih terjaga stabilitas politik, elit politik dan masyarakatnya gembira, harmonis, maka kualitas penyelenggaraan pemilu itu baik. Sampai saat ini, saya meilihat Dompu merupakan daerah yang proses penyelenggaraan pemilukadanya demokratis sekaligus bergembira. Maka ini menjadi pertanda bahwa pemilukada di Dompu ini sukses kata Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan, pemilukada 2015 ini harus mampu meletakkan posisi pemilu itu bukan hanya milik KPU, elit politik, dan elit partai. Pemilu harus bisa menjadi miliknya masyarakat. Maka KPU sebagai penyelenggara pemilu harus mampu menggerakkan partisipasi masyarakat untuk terlibat secara aktif terhadap seluruh proses penyelenggaraan pemilukada. Saya optimis pemilukada 2015 di Dompu akan memiliki predikat sebagai daerah yang angka partisipasi pemilihnya paling tinggi di NTB sebagaimana pemilu 2014 yang kemarin, harap Agus. 


  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
 

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%