TINGKATKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABEL PELAPORAN ANGGARAN, KPU NTB ADAKAN BIMTEK APLIKASI SIMONIKA

Foto untuk : TINGKATKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABEL PELAPORAN ANGGARAN, KPU NTB ADAKAN BIMTEK APLIKASI SIMONIKA
Mataram (NTB) - Dalam rangka meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelaporan anggaran, KPU Prov. NTB mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Sistem Monitoring dan Informasi Keuangan (SIMONIKA) Lingkup KPU Provinsi dan KPU Kab./Kota se NTB (6/10). Tidak hanya bendahara dan Operator SIMONIKA KPU kab./kota yang hadir, namun juga melibatkan Bendahara dan Operator SIMONIKA KPU Prov. NTB.

Dalam kegiatan Bimtek tersebut hadir sebagai Narasumber dari Sekretariat Jendral KPU RI Sinta Panjaitan dan Hero Chrisnanto, didampingi oleh Kabag Umum, Keuangan dan Logistik KPU Prov. NTB Baiq Nelly Yuniarti.

Sinta Panjaitan mengatakan penyajian Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Anggaran (LPPA) masih dilakukan secara manual, sehingga membutuhkan waktu dalam pengumpulan data serta dalam penyajian LPPA tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan informasi dalam penyajian LPPA masing masing Satuan Kerja, dibutuhkan sebuah teknologi informasi yang dapat mengakomodir dan mampu menyajikan seluruh informasi mengenai LPPA yang selama ini dilakukan secara manual yakni aplikasi Sistem Monitoring dan Informasi Keuangan (SIMONIKA).

Manfaat pelaporan dengan menggunakan Aplikasi SIMONIKA, ujar Sinta, yaitu memudahkan pekerjaan bendahara masing-masing Satker dalam membuat Laporan Hibah dan LPPA secara elektronik dan terprogram; Mekanisme penginputan menggunakan Jaringan Internet sehingga dapat dilakukan oleh media selain Komputer seperti Tablet dan Handphone; Mengetahui realisasi tersesuai dengan keadaan terkini serta pengambilan kebijakan Pimpinan; dan Kebutuhan akan informasi LPPA secara cepat, akurat dan realtime sebagai bahan rapat Pleno, Rapat koordinasi DPR, UKP4 dan Kementerian Keuangan.

Tujuan diterapkannya aplikasi SIMONIKA adalah untuk membangun basis data keuangan yang akuntabel, sehingga dapat memberikan informasi yang diperlukan dalam pengambilan kebijakan pengelolaan keuangan maupun kebijakan suatu program/kegiatan. “LPPA tidak akan digunakan lagi tahun 2017 kedepan. Sekarang kami sedang menunggu tanda tangan dari pimpinan untuk mengganti Keputusan KPU RI Nomor: 506/Kpts/KPU/Tahun 2013”, jelas Sinta.

Pada kesempatan yang sama, Kabag Umum, Keuangan dan Logistik KPU Prov. NTB Baiq Nelly Yuniarti mengatakan bahwa dengan adanya aplikasi SIMONIKA bukan menambah suatu pekerjaan di setiap satuan kerja, namun mengurangi satu kerjaan terkait dengan LPPA yang masih manual sehingga dapat memudahkan kita semua.

Terkait dengan kendala yang dialami oleh satuan kerja Kab./kota di Prov. NTB seperti double input data yang di upload sehingga realisasi melebihi pagu, penyesuaian pagu yang belum selesai dengan revisi terakhir dan data hibah yang belum di upload sehingga realisasi dalam aplikasi SIMONIKA masih rendah, menurut Hero Chrisnanto, operator SIMONIKA harus cermat dan teliti dalam melakukan upload data yang dikirim melalui aplikasi SIMONIKA, sehingga tidak terjadi double input data.


  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
Bagaimana pendapat Anda terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%