Calon Independen Serahkan Dukungan

PRAYA – Proses Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada) Lombok Tengah mulai memasuki tahapan krusial. Hari ini, KPU Lombok tengah menjadwalkan penyerahan dukungan salon perseorangan (independen, Red) ke KPU dan PPS.

Sesuai jadwal, penyerahan dukungan calon perseorangan dilakukan tiga hari, sampai 25 februari 2010.

Divisi Sosialisasi KPU Lombok Tengah, Sansuri ST dalam keterangan persnya, mengatakan, penyerahan berkas dalam bentuk rekapitulasi dukungan dan nama pendukung. Sedangkan ditingkat PPS, berupa rekapitusai dukungan dan nama pendukung yang dilampiri bukti dukungan berupa foto copy KTP/Paspor/keterangan domisili/KK.

“Penyerahan dukungan ke KPU tidak boleh berwakil. Kecuali dengan alasan yang jelas dan bisa dibuktikan. Sedangkan penyerahan dukungan ke PPS bisa diwakili,” tegas Sansuri.

Kandidat independen yang tidak bisa memenuhi syarat dukungan minimal akan ditolak. Tidak berlanjut sampai tingkat PPS. Calon perseorangan Pemilu Kada Loteng, harus mendapat dukungan minimal 36.934 orang. Setelah itu, berkas dukungan akan diverifikasi oleh PPS selama 14 hari. Tiga hari verifikasi data. Selebihnya kroscek dukungan kelapangan.

Hasil verifikasi akan ditindaklanjuti dengan verifikasi PPK selama tujuh hari. Hasil verifikasi PPK dituangkan dalam berita acara hasil pemeriksaan. “Berita acara PPK inilah yang akan dibawa oleh pasangan perseorangan untuk mendaftar di KPU Loteng pada 18-24 Maret mendatang,” tegasnya. (aji) (Lombok Post)

Berita

Pengumuman

No result...